Lucu dan Pintar Sony Robot Anjing Aibo ERS-7


Sony memperkenalkan robot anjing pintar AIBO ERS-7. Gerak-gerik serta tingkah lakunya diprogram sedemikian rupa bagaikan seekor anjing hidup. Berbeda dengan robot ASIMO dari Honda maupun robot-robot pada umumnya. Aibo mempunyai kemampuan melakukan gerak dan reaksi dari dirinya sendiri.

Dengan adanya kemampuan ini, AIBO seolah-olah memiliki insting dan kemauan seperti layaknya seekor anjing. Apabila ‘merasa’ tidak senang, ia bisa ngambek, tidak mau mematuhi perintah si pemilik atau operatornya (orang yang memainkannya). Padahal, robot-robot lainnya selalu ‘patuh’ melakukan apa yang diperintahkan oleh manusia (karena itulah diberi nama “robot”).

Kata AIBO merupakan singkatan dari Artificial Intelligence Robot. Kata Aibo dalam bahasa Jepang berarti ‘buddy‘ atau sahabat. 

Dipilihnya bentuk anjing, mungkin karena “Dog is a man’s best friend”, bila dibandingkan dengan binatang peliharaan yang lainnya.

Keunggulan robot ini, antara lain, otomatis mengisi baterainya (re-charge) sendiri apabila baterainya memang sudah akan habis. Bahkan dia bisa bermain sendiri tanpa disuruh pemiliknya. Dengan begitu, tentu tidak repot ‘memelihara’ AIBO, bukan?

Untuk itu Pemilik harus tetap dapat menjaga ‘perasaan’ AIBO karena robot anjing buatan ini bisa juga "sedih" bahkan "marah", terlihat dari lampu indikator kerlap-kerlip pengganti mata. 

Aibo dirancang mempunyai 6 jenis perasaan seperti rasa gembira, takut, sedih, marah, terkejut dan rasa tidak suka. Ekspresi AIBO ditampilkan melalui suara dan melodi (tonal language), bahasa tubuh dan lampu yang berkelap-kelip di bagian mata dan goyangan ekornya.  Kalau telah melakukan sebuah perintah dengan baik, dia harus dipuji (dengan cara mengelus-elus kepala atau badannya seperti anjing betulan) supaya ia tahu apa yang dilakukannya sudah benar. (Kadang ia akan membalas dengan menggoyangkan ekornya).

Untuk dapat menggunakan AIBO robot anjing pintar ini sang pemilik harus meng-inputkan suara sebagai set-up awal untuk mengenali suara pemiliknya. Lalu, bagaimana kalau pemiliknya satu keluarga? Tenang saja, AIBO ini memiliki kapasitas memori yang cukup sehingga suara sekeluarga, bisa di-input dan dikenali oleh AIBO.

Nah, bagi mereka yang ingin lebih merasakan suka-duka sebagai pemilik anjing, dapat me-reset AIBO menjadi "anjing kecil", sehingga seluruh perintah yang dapat dilakukannya sebagai AIBO "anjing dewasa" harus diajarkan dari awal. Nah proses mengajari AIBO itulah mirip cara mengajari seekor anjing.

Jangan pakai kalimat yang panjang dalam membuat perintah. Apabila kita memerintah, “AIBO c’mon, let’s dance!”, AIBO malah diam saja. Tetapi ketika diperintah “Dance!”, barulah ia akan bergoyang-goyang alias dancing ala AIBO. AIBO juga bisa memberi salam, bermain bola, mengambilkan bola, dan lain-lain.

Ada 3 hal yang sangat disukai AIBO, yaitu tulang mainan, bola mainan dan station pool-nya yang ibarat ‘kandang’nya dan tempat dia re-charging (baterainya diisi kembali).

AIBO robot anjing ini berukuran 180 (lebar) x 278 (tinggi) dan 319 (panjang) mm, beratnya 1,65 kg (termasuk baterai dan kartu memorinya). AIBO ‘mampu’ melaksanakan berbagai perintah dan melakukan macam-macam gerak berkat adanya ‘artificial intelligence’ yang terpasang di otaknya, termasuk memory card, wireless LAN card, dan lain-lain.

Satu perangkat AIBO mencakup ‘seekor’ AIBO. pilihan warna : putih atau hitam, energy station (‘rumah’ sekaligus tempat pengisian baterainya), baterai, pink ball (bola warna pink), sejumlah kartu pengoperasiannya, serta buku petunjuk.

Berkat wireless technology (teknologi nirkabel), AIBO dapat berkomunikasi dengan alat-alat elektronik lainnya, terhubung secara remote dengan komputer melalui internet, atau dengan alat-alat mobile lainnya untuk mendapatkan penerapan kemampuan-kemampuan khusus lainnya. Aibo bahkan dapat diperintahkan dari jauh untuk mengambil foto bila di rumah anda ada ‘tamu yang tak dikehendaki’.

Penulis : Sport In Action ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Lucu dan Pintar Sony Robot Anjing Aibo ERS-7 ini dipublish oleh Sport In Action pada hari Sunday, March 11, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Lucu dan Pintar Sony Robot Anjing Aibo ERS-7
 

0 comments:

Post a Comment